Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan self confidence siswa SMA Negeri 4 Kendari terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran perhatian orang tua berada pada kategori baik, gambaran self confidence siswa berada pada kategori baik, gambaran motivasi belajar siswa berada pada kategori baik, gambaran hasil belajar matematika siswa berada pada kategori baik; (2) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; (3) self confidence berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; (4) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa; (5) self confidence berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa; (6) motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa; (7) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa; (8) self confidence berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2024