Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan logis dan penalaran matematis siswa.Populasi penelitianadalah seluruh siswa kelas VIISMP Islam Terpadu Nur Syamzam dan dipilih sampel sebanyak 2 kelas.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling.Teknik pengumpulan datadilakukan dengan tes kecerdasan logis dan tes penalaran matematis siswa berbentuk esay. Berdasarkan hasil analisis datadan pembahasan diperoleh kesimpulan :1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan kecerdasan logis matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan saintifik berdasarkan nilai probabilitas sebesar 0,032 yang lebih kecil dari pada alpha (α) 0,05. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan saintifik berdasarkan nilai probabilitas sebesar 0,020 yang lebih kecil dari pada alpha (α) 0,05.3) Peningkatan kemampuan kecerdasan logis dan penalaran matematis siswa pada kelas yang diajar dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan menerapkan pembelajaran saintifik.
Copyrights © 2024