Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan perbedaan model pembelajaran creative problemsolving berbasise-learning dan model pembelajaran ekspositoriberbasise-learning pada pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar ditinjau dari kemampuan penalaran, pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Baubau, jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Model pembelajarancreative problem solving berbasise-learning dan model pembelajaran ekspositoriberbasise-learning pada pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, pemecahan masalah matematika dan self-efficacy. Terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran creative problem solvingberbasise-learningdan model pembelajaran ekspositoriberbasise-learning pada pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar ditinjau darikemampuan penalaran, pemecahan masalah matematika dan self-efficacy.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023