Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 8, No 2 (2023)

Efektivitas Model Pembelajaran CPS Berbasis E-Learning Ditinjau dari Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Self Efficacy pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA Negeri 5 Baubau

Abidin, Arifuddin (Unknown)
Cahyono, Edi (Unknown)
Misu, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan perbedaan model pembelajaran creative problemsolving berbasise-learning dan model pembelajaran ekspositoriberbasise-learning pada pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar ditinjau dari kemampuan penalaran, pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Baubau, jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Model pembelajarancreative problem solving berbasise-learning dan model pembelajaran ekspositoriberbasise-learning pada pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar efektif ditinjau dari kemampuan penalaran, pemecahan masalah matematika dan self-efficacy. Terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran creative problem solvingberbasise-learningdan model pembelajaran ekspositoriberbasise-learning pada pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar ditinjau darikemampuan penalaran, pemecahan masalah matematika dan self-efficacy.

Copyrights © 2023