JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan)
Vol 9, No 2 (2024): Juli

Pengembangan E-Book Berbasis Bookcreator Materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Bensi, Ekarista Indriani Wahyuni (Unknown)
Supriyono, Supriyono (Unknown)
Rahayuningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan yang sangat signifikan dalam dunia pendidikan. Salah satu inovasi yang muncul yaitu dengan penggunaan e-book sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis BookCreator pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila untuk siswa kelas V sekolah dasar. Melalui e-book ini siswa diajak untuk memahami makna dari setiap sila dalam Pancasila dan menerapkan pemahamannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan). Implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Data dikumpulkan dengan memberikan angket kepada guru kelas V untuk memvalidasi media, materi, dan keefektifan produk. Peneliti juga mengumpulkan hasil respon guru dan siswa berkaitan dengan produk yang diimplementasikan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan dengan hasil validasi media rata-rata persentase sebesar 90%, validasi ahli materi rata-rata persentase sebesar 85,6%, hasil respon guru sebesar 91,75%, hasil respon siswa sebesar 91%, dan tes hasil belajar sebesar 83%. Hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan e-book berbasis BookCreator pada materi penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di siswa kelas V sekolah dasar dapat dijadikan solusi dan layak dilaksanakan dalam pembelajaran. Penggunaan e-book ini efektif karena menggunakan tambahan gambar, video yang sangat membantu siswa untuk memahami penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan menarik perhatian siswa untuk lebih fokus pada materi yang diajarkan. Temuan ini menunjukkan bahwa e-book berbasis BookCreator dapat menjadi solusi interaktif dan inovatif dalam mengenalkan dan memberi pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraaan (JPK) The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of Pancasila and Civics Education, will publish the journal twice a year: in January and ...