Motivasi memainkan peran vital dalam kegiatan belajar. Rendahnya motivasi menyebabkan prestasi belajar siswa menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana keterlibatan orang tua dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi akademik pada kelas Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini berjenis korelasional dan dilakukan di beberapa SMK di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen. Populasi terdiri dari 2.534 peserta didik dari lima sekolah, dengan sampel sebanyak 244 peserta didik. Informasi prestasi belajar PPKn diperoleh melalui dokumentasi, sedangkan informasi motivasi belajar dan perhatian orang tua diperoleh melalui angket. Uji t dan uji F digunakan dalam analisis data untuk mengidentifikasi pengaruh parsial dan simultan. Temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat dan baik antara prestasi belajar PPKn, fokus orang tua, dan motivasi belajar. Perhatian orang tua dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 23% terhadap kisaran ketuntasan belajar PPKn, sedangkan faktor yang tidak termasuk dalam penelitian ini memberikan kontribusi sebesar 77% terhadap variasi tersebut. Penelitian ini menyarankan untuk melihat variabel tambahan yang mempengaruhi prestasi belajar PKn secara lebih rinci.
Copyrights © 2024