Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen guru dalam pengelolaan pembelajaran IPAS di SD Negeri 25 Parenreng. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru wali kelas yang menerapkan kurikulum merdeka dengan pembelajaran IPAS yaitu kelas IV dan kelas V. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen guru di SD Negeri 25 Parenreng dalam pembelajaran IPAS sudah menerapkan 4 indikator manajemen guru yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan pembelajaran IPAS masih kurang baik karena perangkat pembelajaran masih belum lengkap yaitu pada kelas V guru wali kelas belum membuat Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar IPAS. Pengorganisasian pembelajaran IPAS terlaksana cukup baik karena guru dapat mengelompokkan semua tahap-tahap pembelajaran mulai dari kegiatan pembuka, inti, dan penutup, namun organisasi dalam kelas berupa pemilihan ketua kelas, wakil ketua kelas, sekretasi, dan bendahara belum diperbarui. Pelaksanaan pembelajaran IPAS cukup berjalan baik dilihat dari pemaparan materi guru yang sesuai dengan pedoman modul ajar dan buku yang dipakai hingga guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Sedangkan pengawasan pembelajaran IPAS sudah berjalan baik dilihat dari guru mengawasi keaktifan siswa dalam belajar, pengerjaan tugas siswa, hingga pemberian nilai.
Copyrights © 2023