Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL kelompok dari pada individu, (2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa gaya belajarnya visual dibandingkan dengan auditori, (3) pengaruh interkasi gaya pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, (4) perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual dengan PBL kelompok dan individu dan (5) perbedaan prestasi belajar mahasiswa gaya belajar auditori yang belajar dengan PBL secara kelompok dan individu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik semestar IV yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara rendom sampling kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalur. Hasil pengolahan data disimpulkan : (1) Prestasi belajar mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL kelompok lebih tinggi dari pada individu, (2) Prestasi belajar mahasiswa gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan auditori (3) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa, (4) Prestasi belajar mahasiswa gaya belajar visual PBL secara kelompok lebih tinggi dari pada individu (5) Tidak ada perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditori yang mengikuti pembelajaran dengan PBL secara kelompok dengan secara individu
Copyrights © 2023