Biology and Education Journal (BaEJ)
Vol. 3 No. 2 (2023): Biology and Education Journal

Respon Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 34 Pekanbaru Terhadap Pengembangan Modul Berbasis Saintifik 5M Dilengkapi Mind Mapping pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Nurani, Fitri (Unknown)
Hidayati, Nurkhairo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik di SMP Negeri 34 Pekanbaru terhadap pengembangan modul berbasis saintifik 5 M dilengkapi mind mapping pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode survey. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data hasil penelitian ini diperoleh dari lembar angket respon peserta didik, yang terdiri dari 30 butir pernyataan mencangkup 4 aspek yaitu: tampilan, bahasa, materi, dan manfaat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase respon dari peserta didik sebesar 89,69% memiliki kategori sangat baik. Rincian persentase untuk masing-masing aspek penilaian yaitu: aspek tampilan sebesar 90,22% dengan kategori sangat baik, aspek bahasa sebesar 86,96% dengan kategori sangat baik, aspek materi sebesar 91,26% dengan kategori sangat baik, dan aspek manfaat sebesar 90,33% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul berbasis saintifik 5M dilengkapi mind mapping pada materi sistem pencernaan manusia mendapatkan respon sangat baik dari peserta didik di SMP Negeri 34 Pekanbaru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the Biology (nature science) and Biology Education. Biology and Education Journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...