Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA SD melalui pengembangan media pembelajaran Lectora Inpire. Jenis penelitian ini adalah penetian pengembanagan dilaksanakan di salah satu sekolah dasar (SD) di Sape kabupaten Bima. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dimulai dengan mendesain dan merancang pengembangan media pembelajaran Lectora Inpire, setelah itu dilakukan’ uji validasi ahli media dan ahli validasi materi apabila hasi uji validasi ahli media dan materi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran maka, media pembelajaran lektora digunakan untuk pengajaran di dalam kelas. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket dan tes, angket digunkan untuk menguji validasi ahli media dan uji validasi materi, sedangkan tes yang digunakan dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal untuk memperoleh data pemahaman siswa. Hasil analisis data dari uji validasi ahli media dan uji validasi ahli materi didapatkan nilai persentase sebesar 90% yang artinya media pembeljaran Lectora Inpire layak digunakan untuk proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dari uji N-Gain dari nilai Pretest dan postest pemahaman siswa didapatkan nilai 0,66 atau 66% dalam kategori cukup meningkat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Lectora Inpire dapat meningkatkan pemahaman siswa SD kelas V pada mata pelajaran IPA.
Copyrights © 2023