Dalam hal ini ada batasan penulisan diantaranya pencatatan laporan keuangan yang sebelumnya dilakukan secara manual diawali dengan (saldo awal akun, jurnal umum, buku besar, neraca saldo, laporan penyesuaian, neraca lajur, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan neraca) sehingga akan diaplikasikan pada Zahir Accounting versi 6 dimulai dari setup awal untuk membuat database perusahaan, data nama (customer, vendor, dan employee), input data rekening, daftar hutang maupun piutang, saldo awal, transaksi dan menjadi laporan keuangan. Metode yang dilakukan dalam penulisan dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data yang dibutuhkan dalam penulisan diantaranya bukti transaksi, data karyawan, konsumen, pemasok, dan dokumen lainnya. Implementasi zahir untuk pencatatan laporan keuangan mengasilkan output berupa laporan keuangan. PT Media Aguna Kreasi masih menggunakan sistem manual dalam pencatatan sehingga penulis melakukan implementasi zahir accounting versi 6 terhadap laporan keuangannya. Karena teknologi yang semakin canggih ini, dunia binsis membutuhkan suatu proses akuntansi dengan hasil yang maskimal tetapi dengan pencatatan laporan keuangan dengan sistem manual sudah tidak efektif lagi. Untuk mengetahui suatu kondisi dan kinerja perusahaan sangat dibutuhkan laporan keuangan yang akurat. Namun masih banyak perusahaan yang menggunakan sistem manual dalam pencatatan , karena kurangnya pengetahuan dan harus membutuhkan budget yang tidak sedikit.
Copyrights © 2024