FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2023): FARABI

Pengembangan Bahan Ajar Pecahan Berbasis PMRI dengan Konteks ”Ular Tangga” di Kelas V SD

Islamy, Diah Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar materi pecahan dengan pendekatan PMRI menggunakan konteks ular tangga. Ular tangga merupakan permainan tradisional yang sering dimainkan siswa sehingga dengan menggunakan buku ajar ini siswa dapat bermain sekaligus belajar pecahan kompeks. Penelitian ini melalui dua tahap yaitu preliminary study yaitu tahap persiapan dan pengembangan model, dan formatif study yaitu tahap evaluasi dan revisi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 5 SD Paramount Palembang sebanyak 20 siswa. Tahapan persiapan dilakukan denganmenganalisis materi dan bersesuaian dengan kurikulum, sedangkan pada tahap evaluasi dan revisi dilakukan dengan pengujian bahan ajar pada expert reviews (para pakar dan teman sejawat), one to one (diujikan pada 1 sampai 2 siswa), small group (kelompok siswa) dan field test (siswa subjek penelitian). Setelah dilakukan pengujian tahap akhir pada field test, maka akan dilakukan analisis terhadap kevalidan bahan ajar dan tingkat keaktifan siswa dan nilai siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah buku siswa yang telah didesain memiliki tingkat kevalidan yang baik dari penilaian para pakar dan dapat meningkatkan keaktifan respon siswa dalam belajar yaitu sebesar 85% serta meningkatkan nilai pemahaman konsep pecahan siswa dengan rata-rata 76,4.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...