Penelitian bertujuanĀ untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter dan motivasi guru terhadap interaksi sosial peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Ujung Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik Sekolah Dasar di Kecamatan Ujung Kota Parepare berjumlah 121 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis uji t parsial, uji F simultan dan uji regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan karakter terhadap interaksi sosial yang dibuktikan dengan nilai 0,000 < 0,05 yang berarti berhubungan. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi guru terhadap interaksi sosial yang dibuktikan dengan nilai 0,000 < 0,05 yang berarti berhubungan. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan karakter dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap interaksi sosial diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti berhubungan. Jadi, ada pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan karakter terhadap interaksi sosial peserta didik di Sekolah Dasar Kecamatan Ujung Kota Parepare. The purpose of this study was to analyze the effect of character education and teacher motivation on the social interactions of students in Elementary Schools, Ujung District, Parepare City. This type of research is quantitative with the research subjects being elementary school students in Ujung District, Parepare City, totaling 121 students. The data collection method used is observation and distribution of questionnaires. Methods of data analysis using partial t test analysis, simultaneous F test and multiple linear regression test. The findings show 1) There is a positive and significant effect of character education on social interaction as evidenced by a value of 0.000 <0.05 which means it is related. 2) There is a positive and significant influence of teacher motivation on social interaction as evidenced by a value of 0.000 <0.05 which means it is related. 3) There is a positive and significant influence of character education and teacher motivation together on social interaction obtained a sig value of 0.000 <0.05 which means they are related. So, there is a positive and significant effect of character education on the social interactions of students in Elementary Schools, Ujung District, Parepare City.
Copyrights © 2023