Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim keluarga, kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare dan pengaruh yang signifikan iklim keluarga, kemampuan berpikir logis, kemampuan verbal, dan efikasi diri terhadap hasil belajar IPA baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun secara bersama-sama pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 14 Parepare. Penelitian ini menggunakan Ex post facto. Hasil penilaian (1) Iklim keluarga (x1) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA (Y) peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare., (2) Kemampuan berpikir logis (x2) tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal (X3) terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare, (4) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri (X4) terhadap hasil belajar (Y) IPA peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri Parepare. This research aims to determine: (1) the influence of family climate, logical thinking ability, verbal ability, and self-efficacy on science learning outcomes in class IV UPTD students at SD Negeri 14 Parepare, (2) the significant influence of family climate, logical thinking ability, verbal ability, and self-efficacy on science learning outcomes both individually (partially) and collectively for class IV UPTD students at SD Negeri 14 Parepare. This research uses Ex post facto. Assessment results conclude that: (1) Family climate (x1) has no significant effect on the science learning outcomes (Y) of class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (2) Logical thinking ability (x2) has no significant effect on science learning outcomes (Y) class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (3) There is a significant influence between verbal ability (X3) on learning outcomes (Y) science of class IV students at UPT SD Negeri Parepare, (4) There is no significant influence between efficacy self (X4) on the learning outcomes (Y) of science for class IV students at UPT SD Negeri Parepare.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023