Bosowa Journal of Education
Vol 4 No 2 (2024): Bosowa Journal of Education, Juni 2024

Tingkat Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Kependidikan Universitas Bosowa Angkatan 2020

Rahim, Abdurrachman (Unknown)
Dipalaya, Tismi (Unknown)
Nurwidyayanti, Nurwidyayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Bosowa angkatan 2020 untuk menjadi guru. Penelitian dilakukan di Universitas Bosowa dengan subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Bosowa angkatan 2020. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket di mana indikator kesiapan menjadi guru yang digunakan pada penelitian ini ada empat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Data kemudian diolah secara deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Adapun tingkat kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa jurusan kependidikan berada dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 82,10%. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Bosowa telah mampu mempersiapkan mahasiswa calon guru dengan sangat baik untuk terjun dalam dunia kerja berprofesi sebagai guru. Kompetensi kepribadian memperoleh skor tertinggi yakni 84,69% yang berada dalam kategori sangat baik. Begitupula dengan kompetensi sosial dan kompetensi pedagogik yang masing-masing mempunyai skor 83,69% dan 80,15% yang masing-masing berada dalam kategori sangat baik juga. Hal yang masih perlu ditingkatkan adalah kompetensi profesional yang masih mempunyai skor sebesar 79,88% yang berada pada kategori baik. The purpose of this study is to assess the readiness level of students from the Educational Department at Universitas Bosowa, Class of 2020, to become teachers. The research was conducted at Universitas Bosowa, with the subjects being the students of the Educational Department from the Class of 2020. Data was collected using a questionnaire, where four indicators of teaching readiness were used: pedagogical competence, professional competence, personality competence, and social competence. The data was then analyzed descriptively using percentage formulas. The overall readiness level of the students to become teachers is categorized as very good, with an average percentage of 82.10%. This indicates that Universitas Bosowa has effectively prepared its students for a career in teaching. Personality competence received the highest score of 84.69%, placing it in the very good category. Similarly, social competence and pedagogical competence scored 83.69% and 80.15%, respectively, both also falling into the very good category. However, professional competence needs improvement, as it has a score of 79.88%, which falls into the good category.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...