Tujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan kemampuan mahasiswa merencanakan set pembelajaran lengkap serta menerapkan perangkat pembelajaran yang telah dirancang dengan menerapkan TPACK dan Meningkatkan kemampuan reflektif mahasiswa untuk peningkatan kemampuan guru serta berkelanjutan.  Penelitian ini dilakukan dengan penelitian tindakan kelas dengan tindakan sebanyak 2 siklus dengan menggunakan prosedur penelitian  model  Kemmis  dan  Mc.  Taggart  yang  terdiri  dari  perencanaan (planning),  pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan reflkesi (reflecting). Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  menggunakan  teknik  angket  dan  observasi. Hasil yang di peroleh adalah (1) Ketertarikan peserta didik member petanyaan mendasar terhadap video pembelajaran yang ditampilkan. 2) Peserta didik sangat semangat dan antusias dalam proses observasi dan wawancara untuk pengumpulan data yang akan disajikan dalam diagram batang, garis dan lingkaranLembar LKPD yang mereka selesaikan memperoleh nilai yang memuaskan hal tersebut dapat dilihat dari projek berupa poster tentang penyajian data tunggal yang peserta didik desain dengan menarik. (3) Lembar hasil observasi siswa tentang kegiatan pembelajaran dengan model PjBL dengan indicator penilaian yang sudah ditentukan, hal ini dapat dilihat dari lembar observasi siswa yang sudah terlampir. (4) Lembar hasil observasi kelompok belajar siswa dalam pengerjaan projek, juga dapat terlihat bahwa motivasi siswa tampak dari kesungguhan menyelesaikan projek. (5) Hasil projek peserta didik berupa poster dalam bentuk diagram batang,garis, dan lingkaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024