Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa saat menerapkan model pembelajaran problem based learning pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII-1 SMPN 4 Bilah Barat T.P 2020/2021. Data-data aktivitas belajar dan tes hasil belajar siswa, terhadap model pembelajaran Problem based learning selama kegiatan belajar mengajar tersusun, kemudian dianalisis, sehingga dapat disimpulkan sesuai dengan rumusan masalah. Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem based learning di kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Bilah Barat. Data aktivitas siswa menurut kedua pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain: menulis/membaca (44,5%), bekerja (25,0%), bertanya sesama teman (14,5%), bertanya kepada guru (10,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (5,5%). Dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain: menulis/membaca (24,0%), bekerja (50,5%), bertanya sesama teman (14,0%), bertanya kepada guru (9,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2,0%). Dengan meningkatnya aktivitas siswa mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem based learning pada Formatif I menunjukkan 27 orang siswa tuntas secara individu, sedangkan 9 orang tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas secara individu sebanyak 32 orang siswa, sedangkan 4 orang tidak tuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 80,56 dan 90,30 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 75% pada siklus I dan 89% pada siklus II.
Copyrights © 2022