Bandung Conference Series: Islamic Education
Vol. 4 No. 2 (2024): Bandung Conference Series: Islamic Education

Implementasi Metode Qiraati untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa di SD Insantama Lembang

Dinda Kamilia Meilynda (Unknown)
A. Mujahid Rasyid (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Abstract. This research aims to examine in more depth the application of the Qiraati method to the ability to read the Al-Qur'an in elementary school. By studying Al-Qur'an learning using these two methods, we can understand the preparation, implementation and impact so that existing methods can be developed better. Considering the importance of this learning, this research formulates the problem as follows: (1) How is the Qiraati method implemented at SD Insantama Lembang (2) How is this method planned for the ability to read the Al-Qur'an in that school (3) What are the supporting and inhibiting factors? application of the Qiraati method at SD Insantama Lembang? This research is qualitative research with an experimental approach. The techniques used were observation, interviews, documentation and tests. The research subjects were class I students who applied the Qiraati method. Research findings show that: 1) Koran teachers must prepare the material to be taught, 2) There are differences in the results of reading the Qur'an between Qiraati methods, 3) Supporting factors include competent Koran teachers, supportive parents, and adequate infrastructure . The inhibiting factors are students who cannot read the Koran, a lack of teachers, and minimal parental supervision. After that, the Qiroati method learning steps are divided into three processes, namely preliminary activities, the second is the core activity and the third is the closing activity. Next, the evaluation stage goes through three stages, namely, first, daily evaluation, second, volume increase evaluation, and third, volume completion evaluation. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam penerapan metode Qiraati terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an di SD. Dengan mempelajari pembelajaran Al-Qur'an menggunakan kedua metode tersebut, kita dapat memahami persiapan, pelaksanaan, serta dampaknya sehingga metode yang sudah ada dapat dikembangkan lebih baik. Mengingat pentingnya pembelajaran ini, penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode Qiraati di SD Insantama Lembang (2) Bagaimana perencanaan metode tersebut terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an di sekolah tersebut (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Qiraati di SD Insantama Lembang?Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan eksperimen. teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi serta tes.Subjek penelitiannya adalah siswa kelas I yang menerapkan metode Qiraati. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru mengaji harus mempersiapkan materi yang akan diajarkan, 2) Terdapat perbedaan hasil membaca Al-Qur'an antara metode Qiraati, 3) Faktor pendukung meliputi guru mengaji yang kompeten, orang tua yang mendukung, dan infrastruktur yang memadai. Faktor penghambatnya adalah siswa yang belum bisa membaca Al-Qur'an, kurangnya jumlah guru, dan minimnya pengawasan orang tua. Setelah itu pada tahap langkah-langkah pembelajaran metode Qiroati dibagi menjadi tiga proses yaitu kegiatan pendahuluan, yang kedua kegiatan inti dan yang ketiga kegiatan penutup. Selanjutnya pada tahap evaluasi dengan melalui tiga tahapan yaitu, pertama evaluasi harian, kedua evaluasi kenaikan jilid, dan ketiga evaluasi selesai jilid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BCSIEd

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Bandung Conference Series Islamic Education (BCSIED) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Pendidikan Agama Islam dengan ruang lingkup Akhlak Pendidik, Baca Tulis Quran, Iman, Taqwa, Karakter Kurikulum lokal, Kedisiplinan siswa, Kemandirian, ...