Bandung Conference Series: Islamic Education
Vol. 4 No. 2 (2024): Bandung Conference Series: Islamic Education

Implementasi Program Pembiasaan Pagi dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa SMP PGII 2 Bandung

Rossa Anggreni (Unknown)
Nur Inten, Dinar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Abstract. The morning habituation program at SMP PGII 2 Bandung is an effort to instill discipline in students through positive routines. The activities in this program include reciting Asmaul Husna, reading Al Ma'tsurah, performing Dhuha prayers, praying together, and delivering religious or motivational talks on faith and morality. The main goal is to instill values of discipline, responsibility, orderliness, and togetherness among the students. This study also evaluates the planning, implementation, and evaluation processes of the program, as well as the supporting and hindering factors. Using a qualitative approach and descriptive method, data were collected through observation, interviews, and document studies. The research combines theoretical and empirical studies in a narrative form to explain in detail the aspects of the program and its impact on the students' character, attitudes, and behavior. The findings indicate that the program's planning is based on the educational foundation's policies and is reflected in the school's vision and mission. The activities are carried out from Monday to Thursday, including the recitation of Asmaul Husna, reading of Al Ma'tsurah, and talks on faith, morality, and worship. Daily and semester evaluations show that this program effectively enhances students' positive habits, such as waking up earlier, being disciplined, and adhering to school and religious rules, thereby making these habits part of the students' character. Abstrak. Program pembiasaan pagi di SMP PGII 2 Bandung adalah upaya untuk membentuk karakter disiplin siswa melalui rutinitas yang positif. Kegiatan dalam program ini mencakup pelantunan Asmaul Husna, pembacaan Al Ma'tsurah, sholat dhuha, doa bersama, serta tausiyah tentang akidah, akhlak, atau motivasi pagi. Tujuan utamanya adalah menanamkan nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, keteraturan, dan kebersamaan di kalangan siswa. Penelitian ini juga mengevaluasi proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambatnya. Dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggabungkan kajian teori dan empiris dalam bentuk naratif untuk menjelaskan secara rinci aspek-aspek program tersebut serta dampaknya terhadap karakter, sikap, dan perilaku siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program didasarkan pada kebijakan Yayasan Pendidikan dan tercermin dalam visi serta misi sekolah. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dari Senin hingga Kamis, termasuk pelantunan Asmaul Husna, pembacaan Al Ma'tsurah, dan tausiyah tentang akidah, akhlak, serta ibadah. Evaluasi dilakukan secara harian dan semesteran, menunjukkan bahwa program ini efektif dalam meningkatkan kebiasaan positif siswa, seperti bangun lebih pagi, disiplin, dan kepatuhan terhadap aturan sekolah maupun agama, sehingga kebiasaan ini menjadi bagian dari karakter siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BCSIEd

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Bandung Conference Series Islamic Education (BCSIED) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Pendidikan Agama Islam dengan ruang lingkup Akhlak Pendidik, Baca Tulis Quran, Iman, Taqwa, Karakter Kurikulum lokal, Kedisiplinan siswa, Kemandirian, ...