JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 10, No 1 (2024)

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi SPLDV Berbantuan Geogebra

Ayu Wulandari, Hilaria Yesieka (Unknown)
Siswono, Tatag Yuli Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV berbantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dengan tujuan untuk mampu memahami secara intensif serta memahami hal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif secara lebih mendalam. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang siswa kelas VIII SMP dengan kemampuan awal SPLDV tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan awal SPLDV, tes kemampuan berpikir kreatif dengan Geogebra, serta pedoman wawancara. Soal tes berpikir kreatif terdiri dari 4 poin soal untuk mengukur indikator fluency, flexibility, dan novelty yang diselesaikan dalam waktu 45 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi tergolong dalam kategori sangat kreatif (TKBK 4) karena mampu memenuhi indikator fluency, flexibility, dan novelty. Siswa dengan kategori tinggi cenderung mampu memberikan berbagai alternatif jawaban serta mampu menggunakan berbagai strategi baru yang logis dalam menyelesaikan masalah. Siswa dengan kemampuan sedang tergolong dalam kategori kreatif (TKBK 3) karena mampu memenuhi indikator fluency dan novelty. Siswa dengan kategori sedang mampu untuk memberikan berbagai alternatif jawaban walaupun belum seluruhnya tepat dan mampu menunjukkan alternatif lain yang sebelumnya belum pernah digunakan. Sementara, siswa dengan kemampuan rendah tergolong dalam kategori kurang kreatif (TKBK 1) karena hanya mampu memenuhi indikator fluency. Siswa dengan kategori rendah ini mampu menunjukkan berbagai alternatif jawaban dengan tepat walaupun belum mampu menunjukkan penggunaan strategi yang beragam dalam menyelesaikan masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...