Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keluhan pelanggan atas pelayanan jasa di AleenaHoz Beauty perusahaan yang bergerak di bidang Spa yang melebihi standar yang ditetapkan yaitu sebesar 3%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan Jasa Spa dengan atribut yang masih kurang dari rata-rata nilai Servqual yang kemudian diberi rekomendasi perbaikan dengan metode TRIZ. Penelittian ini menggunakan Metode SERVQUAL dan TRIZ. Hasil penelitian menggunakan perhitungan indeks kepuasan metode Servqual adalah 82,18. Atribut yang masih perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya yaitu kecakapan karyawan dalam memahami produk dan menu. Tingkat kualitas layanan yang disediakan masih terdapat yang belum sesuai dengan kepuasan konsumen. Kurangnya pelayanan spa sesuai yang diharapkan, media dan peralatan memadai untuk mendukung kegiatan operasional, ketersediaan sarana dan prasarana baik informasi dan bukti fisik. Rekomendasi yang diberikan dengan metode TRIZ diprioritaskan untuk tugas pada angka prinsip inventif yang keluar lebih dari dua kali, dan memperoleh “Preliminary Counteraction” dengan diorganisirnya keamanan terhadap produk serta kenyamanan konsumen dalam melakukan transaksi sehingga terlihat adanya perubahan.
Copyrights © 2023