Jurnal Masyarakat Indonesia
Vol. 3 No. 02 (2024): Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas)

Pelatihan Penggunaan Metode Mengajar di Sekolah Minggu Implementasi dan Dampak pada Pengembangan Karakter Anak di Klasis Buru Utara

Surwuy, Grace Selvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Artikel ini melaporkan implementasi berbagai metode mengajar yang kreatif dan kontekstual di Sekolah Minggu untuk meningkatkan pengembangan karakter anak-anak. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan Pengasuh dan penerapan metode interaktif serta kontekstual di beberapa Sekolah Minggu di Jemaat GPM Skikilale dan Jemaat GPM Rehariat ,Klasis Buru Utara. Metode yang digunakan meliputi aktivitas fisik, permainan edukatif, cerita kontekstual, dan diskusi kelompok kecil. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan dan pemahaman anak-anak. Pengasuh melaporkan bahwa anak-anak lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar, serta lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya dan waktu untuk merancang kegiatan kreatif. Artikel ini memberikan rekomendasi praktis untuk Pengasuh dalam meningkatkan efektivitas Pengasuh di Sekolah Minggu melalui metode kreatif dan kontekstual, serta pentingnya dukungan berkelanjutan untuk keberhasilan jangka panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jumas

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education

Description

Jumas merupakan singkatan dari Jurnal Masyarakat Indonesia, jumas menjadi wadah publikasi pengabdian masyarakat dengan scope keilmuan bersifat umum seperti: Pendidikan, kewirausahaan, ekonomi, kesehatan, teknologi, pangan, maritim, infrastruktur, hukum dan humaniora. Jumas sebagai jembatan peneliti, ...