Artikel ini melaporkan implementasi berbagai metode mengajar yang kreatif dan kontekstual di Sekolah Minggu untuk meningkatkan pengembangan karakter anak-anak. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan Pengasuh dan penerapan metode interaktif serta kontekstual di beberapa Sekolah Minggu di Jemaat GPM Skikilale dan Jemaat GPM Rehariat ,Klasis Buru Utara. Metode yang digunakan meliputi aktivitas fisik, permainan edukatif, cerita kontekstual, dan diskusi kelompok kecil. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterlibatan dan pemahaman anak-anak. Pengasuh melaporkan bahwa anak-anak lebih aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar, serta lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya dan waktu untuk merancang kegiatan kreatif. Artikel ini memberikan rekomendasi praktis untuk Pengasuh dalam meningkatkan efektivitas Pengasuh di Sekolah Minggu melalui metode kreatif dan kontekstual, serta pentingnya dukungan berkelanjutan untuk keberhasilan jangka panjang.
Copyrights © 2024