Abstract. Constructive games can use various media, one of which is building blocks which can develop creative thinking in young children. Currently, children’s creativity levels are still low, this is triggered by the lack of children’s interaction with media, which is actually more about digital media. So, the aim of this research is to increase children’s creativity through block games using the Constructive Game Creativity Development Model. This research uses quantitative methods with the Pre-Experimental Design technique in the form of One Group pretest-posttest design. Data collection techniques were carried out using the Figural Creativity Test or circle test. Meanwhile, data processing techniques use statistical data analysis and hypothesis testing. The result of this research show there was a significant influence of constructive play on children’s creativity. Abstrak. Permainan konstruktif dapat menggunakan berbagai media, salah satunya yaitu balok membangun yang dapat mengembangkan cara berpikir kreatif anak usia dini. Pada saat ini tingkat kreativitas anak masih rendah, hal ini dipicu dengan kurangnya interaksi anak dengan media yang sesungguhnya, lebih kepada media digital. Maka tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas anak melalui permainan balok model Perkembangan Kreativitas Permainan Konstruktif (PKPK). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Pre Eksperiment Design dengan bentuk One Group pretes-posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan Tes Kreativitas Figural (TKF) atau circle test. Sedangkan teknik pengolahan data menggunakan analisis data statistik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan konstruktif terhadap kreativitas anak.
Copyrights © 2024