Latar belakang penelitian ialah ketertarikan peneliti pada masalah geriatri dimana ini selalu menarik perhatian dalam penyelenggaraan haji. Tujuan dari penelitian ini guna membahas terkait evaluasi pelayanan petugas haji ramah lansia pada penyelenggaraan haji tahun 2023, keberhasilan dalam mencapai tujuan dari pelayanan serta kualitas pelayanan yang telah di berikan kepada jamaah lansia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena permasalahan serta fakta yang terjadi di Embarkasi Donohudan Solo, sebagai fokus penelitian. Teknik pengumpulan datanya dengan studi literatur dilanjutkan dengan wawancara mendalam serta observasi secara langsung di Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi dari fungsi manajemen dalam mencapai tujuan pelayanan dalam penyelenggaraan haji sudah dilaksanakan dengan sangat baik walaupun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaanya kemudian, respon daripada pelayanan publik yang dapat diterima dengan baik serta penilaian yang menyatakan puas oleh jamaah haji lansia.
Copyrights © 2024