Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 01 (2024): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Berbasis Android Muslim Pro dan Keterikatan Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMAN 1 Ciemas

Rusmiati, Ida (Unknown)
Marhamah, Marhamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini memberikan penlajasan dalam memanfaatkan aplikasi android yang terdapat pada smartphone Muslim pro dengan keterikatan guru terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMA Negeri 1 Ciemas tahun ajaran 2023-2024. Sampel penelitian sebanyak 161 orang siswa, diambil dengan teknik proportional random sampling dengan rumus Solvin. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner, dengan instrumen sebanyak 40 item pernyataan, dan tes membaca Al-Qur’an. Sedangkan analisis datanya adalah secara kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif, serta analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan aplikasi smartphone berbasis android Muslim Pro terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan keterikatan guru dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan aplikasi smartphone berbasis android Muslim Pro dan keterikatan guru secara simultan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, hal ini ditunjukkan dengan besaran pengaruhnya 37.4%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...