Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ekstrakurikuler Bintalis dalam membentuk karakter Islami siswa di SMA Negeri 12 Medan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang subjek penelitiannya adalah Pembina Bintalis, Guru PAI, dan beberapa siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Bintalis di SMA Negeri 12 Medan, yang dimaksudkan untuk memperoleh rumusan yang jelas mengenai sejauh mana upaya-upaya dalam membentuk karakter Islami siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Bintalis. Prosedur pelaksanaan penelitian ini menerapkan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecendrungan siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Bintalis di SMA Negeri 12 Medan memiliki kepribadian dan karakter yang baik serta memiliki nilai keislaman, dengan metode pengajaran yang digunakan tidak hanya berfokus pada pengetahuan agama, tetapi juga pada penerapan nilai-nilai dalam praktek sehari-hari. Ekstrakurikuler Bintalis tidak hanya berfokus pada pengajaran teori-teori agama, tetapi lebih menekankan pada pengembangan kedalaman spiritual dan moral individu. Tujuan utamanya adalah membentuk karakter siswa yang memiliki integritas, tanggung jawab, dan kemampuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.
Copyrights © 2024