Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 02 (2024): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS XI MAS AL JUNAIDIYAH

Aminda, Aisyah (Unknown)
Ponidi, Ponidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Memperlihatkan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan proses belajar adalah peran guru. Banyak guru masih mengaplikasikan metode ceramah dan pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered), Proses pembelajaran seperti hal ini tidak dapat dianggap sebagai metode pengajaran yang efektif. Oleh karena itu, diperlukan tindakan konkret oleh guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Tindakan tersebut mencakup penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model student facilitator and explaining. Tujuan penelitian yang dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah Kuantitatif eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MA Al Junaidiyah yang berjumlah 26 siswa. Sampel pada penelitian ini dalah kelas XI1 dan XI2. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memberikan tes soal kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajara student facilitator and explaining hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran IPS. Nilai rata-rata post-test menunjukkan bahwa nilai dari kelas eskperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control yaitu sebesar 76,66 kelas eksperimen dan 61,66 untuk kelas control.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...