Perencanaan karir yang matang dapat membantu siswa mencapai tujuannya dengan menilai kemampuan dan kebutuhan mereka, termasuk kesadaran diri, pengetahuan kerja, dan penalaran terkait pekerjaan. Self-efficacy mempengaruhi perencanaan karir. Penelitian ini menguji bagaimana efikasi diri mempengaruhi perencanaan karir pada siswa SMK Bakti Indonesia Medika. Studi ini bersifat retrospektif. Penelitian ini melibatkan 110 siswa SMK Bakti Indonesia Medika kelas XII dari berbagai disiplin ilmu. Pengambilan sampel bersifat total. Penyelidikan ini menggunakan skala penelitian. Faktor kognitif, motivasional, emosional, dan seleksi membentuk skala efikasi diri. Uji t parsial menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap perencanaan karir dengan nilai t sebesar 0,037 dan tingkat signifikansi sebesar 0,024 (p < 0,05). Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif terhadap perencanaan karir siswa kelas XII SMK Bakti Indonesia Medika. Sekolah, khususnya instruktur konseling, dapat menggunakan penelitian ini untuk membantu persiapan karir siswa dengan menyediakan konseling klasik dan kelompok. Sekolah terkait juga dapat memahami variabel perencanaan karir, termasuk self-efficacy, yang membentuk kepribadian.
Copyrights © 2023