Kegiatan Sistem Pemasaran berbasis E-Commarce adalah upaya untuk meningkatkan promosi dan kunjungan ke toko online. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah para pelaku UMKM Desa Kademangan. Mereka menghadapi kendala dalam memasarkan produk mereka, terbatas hanya pada pasar lokal karena minimnya pengetahuan tentang pemasaran digital. Oleh karena itu, pelatihan menjadi penting bagi penduduk Desa Kademangan, terutama kelompok UMKM, agar mereka dapat memahami dan menggunakan pemasaran produk melalui E-Commarce. Kegiatan Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada pendekatan institusional dan partisipatif. Pendekatan institusional melibatkan komunikasi langsung dengan mitra untuk memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh mereka. Pendekatan partisipatif melibatkan peserta pelaksanaan pengabdian dalam berbagai kegiatan, seperti diskusi, sosialisasi tentang IPTEKS, pelatihan, dan pendampingan dalam pembuatan platform E-Commarce untuk produk pelaku UMKM. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan pemasaran berbasis E-Commarce ini diterima dengan baik oleh peserta di Desa Kademangan, dan mereka telah mahir dalam menggunakan platform tersebut untuk memasarkan produk.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024