JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 4, No 6 (2016): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI LC DAN TPS DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR

Wayan Dewi Septiani (Universitas Lampung)
Yon Rizal (Universitas Lampung)
Nurdin Nurdin (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2016

Abstract

This research aimed to find out the comparison of students economics learning achivement who taught through Cooperative Learning Cycle and Think Pair Share models by concerning their motivation. This research used comparative method with experimental approach. The results showed: (1) there is a difference of students average scores who were taught through Cooperative Learning Cycle and Think Pair Share models,(2) the higher scores were achieved by the students who were taught through Cooperative Learning Cycle models who had high motivation in learning, (3) the lower scores were achieved by the students who were taught through Cooperative Learning Cycle who had low motivation in learning, and (4) there were interactions between the learning models, and students motivation in their economics achievements.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Cycle dan Think Pair Share dengan memperhatikan minat belajar. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share,(2) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cyclelebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share bagi siswa yang memiliki minat belajar tinggi, (3) Hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Think Pair Share bagi siswa yang memiliki minat belajar rendah, (4) Ada interaksi antara model pembelajaran, minat belajar pada hasil belajar ekonomi.Kata kunci: LC,minat,studi perbandinganhasil belajar ekonomi, TPS

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...