Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun datar kelas III SD Negeri 1 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 5 Singkawang, dan pengambilan dengan teknik purposive sample. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas III B sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Discovery Learning, dan III C sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan : (1) data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dua sampel diperoleh t_hitung= 8,133, sedangkan t_tabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 48 adalah 2,306 sehingga t_hitung t_tabel. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang diberikan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibanding kelas yang diberikan pembelajaran konvensional; (2) Dengan menggunakan uji effect size diperoleh nilai ES= 0,9 0,8 dengan kategori tinggi, sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh besar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun datar kelas III SD Negeri 5 Singkawang; (3) hasil perhitungan aktivitas siswa diperoleh rata-rata sebesar 94% dengan kategori sangat tinggi; (4) motivasi belajar siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning pada materi bangun datar sebesar 75% maka dapat dikategorikan baik.Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Copyrights © 2024