Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 10, No 1 (2024): January 2024

Pengembangan Media Literasi Berbasis Puzzle Edukatif Untuk Meningkatkan Minat Membaca di SDN 043 Tarakan

Sari, Rita Kumala (Unknown)
Hasnawati, Hasnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media literasi berbasis puzzle edukatif untuk meningkatkan minat membaca di SDN 043 Tarakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengembangkan media literasi puzzel edukatif di SDN 043 Tarakan, 2) menghasilkan produk berupa pullzel edukatif yang akan digunakan sebagai media pembelajaran literasi di SDN 043 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R & D milik Borg & Gall. Berdasarkan metode tersebut, dalam penelitian ini terdapat tujuh tahapan prosedur pengembangan yang telah dimodifikasi yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba tahap awal, (5) revisi produk awal, (6) uji lapangan dan (7) revisi produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli media pembelajaran (2) ahli bahasa, (3) Ahli literasi , (4) uji praktisi melibatkan guru yang aktif dalam bidang literasi di SDN 043 Tarakan, dan (5) uji lapangan melibatkan siswa kelas 6 SDN 043 Tarakan. Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. Data numerik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian ahli, praktisi, dan mahasiswa terhadap produk. Data verbal tertulis berupa catatan, komentar, kritik, maupun saran-saran yang telah dituliskan oleh subjek uji pada angket penilaian; sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan keempat kelompok ahli dalam bidang yang diujikan. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpul data.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...