Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 10, No 1 (2024): January 2024

Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito Tomilito Gorontalo Utara

Bilantua, Ahmad (Unknown)
Panigoro, Meyko (Unknown)
Bahsoan, Agil (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner pada siswa SMP Negeri 1 Tomilito. Jumlah Penarikan sampel dalam penelitian ini sebesar 45 responden. Teknik analisis data menggunanakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi berpengaruh positif terhadap peningkatan Hasil Belajar Siswa yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang cukup kuat ditunjukkan oleh besar nilai koefisien korelasi (R) 0,310. Nilai Determinasi (R Square) sebesar 0.096 atau 9,6%. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa Pembelajaran Berdiferensiasi berpengaruh positif terhadap peningkatan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS terpadu Kelas VII di SMP Negeri 1 Tomilito, diterima dipenelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...