Jurnal Manarang Manajemen dan Bisnis
Vol 2 No 2 (2024): Manarang : Manajemen & Bisnis - April

ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PERIODE 2020-2022 (Studi Kasus Pada SD Negeri 003 Ralleanak Kecamatan Aralle Kabupaten Mamasa)

Angguna Lolo (Unknown)
Wulan Ayuandiani (Unknown)
Sri Utami Permata (Unknown)
Nurwahyuni Syahrir (Unknown)
Nur Ariyandani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan keuangan dana bantuan operasional sekolah (BOS) SD Negeri 003 Ralleanak berdasarkan rasio efektifitas dan rasio efisiensi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di SD Negeri 003 Ralleanak. 2Hasil analisis berdasarkan rasio efektifitas, menunjukkan tingkat efektivitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) SD Negeri 003 Ralleanak tahun periode 2020-2022 berada pada kategori efektif. Hal ini menunjukkan SD Negeri 003 Ralleanak dalam merealisasikan anggaran penerimaan dana BOS dalam rangka mencapai tujuannya sudah sangat cukup baik. Hasil analisis efisiensi terhadap tingkat pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada SD Negeri 003 Ralleanak tahun periode 2020-2022 berada pada kategori tidak efisien. Hal ini disebabkan oleh beban belanja, baik itu belanja operasional, belanja modal dan belanja pegawai yang lebih besar dibandingkan realisasi penerimaan BOS. Oleh karena itu, hal ini menunjukkan kemampuan SD Negeri 003 Ralleanak dalam memaksimalkan pencapaian tujuannya dengan menggunakan sumber daya yang terbatas belum efisien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

manarang

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk menyediakan tempat bagi akademisi, peneliti dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitian asli atau artikel ulasan. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik, termasuk: Manajemen keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen ...