Pembelajaran yang dilakukan guru SMP Negeri 2 Tanjung Morawa sering kali menyamakan kegiatan pembelajaran untuk seluruh murid. Padahal kesiapan dan gaya belajar murid yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan tidak semua murid dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu strategi untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa, dimana siswa mempelajari materi pelajaran berdasarkan kemampuannya, apa yang mereka sukai, dan kebutuhan individu mereka sehingga mereka tidak frustrasi dan merasa gagal selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan dampak yang positif bagi peserta didik maupun guru. Guru merasa senang karena merasa bahwa kebutuhan peserta didiknya terpenuhi dan peserta didik merasa senang karena pembelajaran berdiferensiasi disesuaikan dengan minat, profil, dan kesiapan belajarnya. Metode penelitian ini menggunakan penilaian secara pretest dan posttest. Hasil akhir penelitian ini, nilai siswa untuk hasil pretest rata-rata 55,5 dan hasil posttest, nilai rata-rata 78,25 merupakan informasi baik yang positif sebagai acuan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut.
Copyrights © 2023