Jotika Journal in Education
Vol. 3 No. 2 (2024): Februari

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PELAJARAN PKN SISWA KELAS VI SD NEGERI 007 UTAMA KARYA KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

Wiwik Sutarsih (Unknown)
Nikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi Penerapan Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila kelas VI SD Negeri 007 Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 22 April 2021, Siklus II dilaksanakan pada tanggal 05 Mei 2021. Pada studi awal motivasi siswa masih sangat rendah, setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas, siklus I dari 20 siswa yang nilainya sesuai KKM dan yang diatas KKM hanya sebanyak 9 siswa, kenyataan tersebut menunjukkan belum sepenuhnya pembelajaran siklus I berhasil. Pada Siklus II hasil evaluasi belajar yang dicapaipun meningkat. Dari 20 siswa yang mencapai di atas KKM sebanyak 18 siswa, ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa sesuai dengan KKM. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Pancasila sebagai Dasar Negara kelas VI SD Negeri 007 Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJE

Publisher

Subject

Education

Description

Jotika Journal in Education diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-6788 merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan ...