Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan perwujudan maskulinitas beserta konteksnya dalam lagu-lagu Campursari karya Didi Kempot dan Denny Caknan. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kata, frasa, dan kalimat yang menceritakan konteks dan perwujudan maskulinitas pada 3 lagu karya Didi Kempot, yaitu Pokoke Melu, Suket Teki, Terkintil-kintil, dan 3 lagu karya Denny Caknan, yaitu Satru 2, Kartonyono Ninggal Janji, Sampek Tuwek yang masing-masing memiliki kemiripan tema. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teori area maskulinitas Chafetz beserta penjelasan terkait konteks lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu-lagu Denny Caknan menunjukkan aspek fungsional, sifat ambisius, dan keinginan sukses dalam hal percintaan yang tidak ditunjukkan dalam lagu-lagu Didi Kempot.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024