Bank Islam sering disebut dengan Bank Syariah di Indonesia, bank tersebut banyak diminati oleh kalangan masyarakat muslim, akan tetapi bank tersebut hadir pada negara yang memiliki populasi muslim minoritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kepercayaan dan literasi keuangan Syariah yang dimiliki responden terhadap keputusannya untuk menggunakan produk Bank Islam Thailand dengan minat sebagai variabel intervening. Dengan menggunakan metode kuantitatif serta pendekatan asosiatif, data yang digunakan ialah data primer dengan objek penelitian karyawan dan guru di Yayasan Sangkhom Islam Wittaya School, Sadao menggunakan sampel jenuh sehingga diperoleh 52 responden. Adapun dalam menganalisis data menggunakan SEM dengan bantuan software SmrtPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya: (1) hubungan religiusitas terhadap keputusan menggunakan tidak berpengaruh; (2) hubungan kepercayaan terhadap keputusan menggunakan berpengaruuh positif; (3) literasi keuangan Syariah terhadap keputusan menggunakan berpengaruh positif; (4) religiusitas terhadap minat tidak berpengaruh; (5) kepercayaan terhadap minat berpengaruh positif; (6) literasi keuangan Syariah terhadap minat berpengaruh positif; (7) religiusitas terhadap keputusan menggunakan dengan minat sebagai variabel intervening tidak berpengaruh; (8) kepercayaan terhadap keputusan menggunakan dengan minat sebagai variabel intervening berpengaruh positif; (9) literasi keuangan Syariah terhadap keputusan menggunakan dengan minat sebagai variabel intervening berpengaruh positif; (10) keputusan menggunakan terhadap minat berpengaruh positif.
Copyrights © 2024