Bandung Conference Series: Psychology Science
Vol. 4 No. 2 (2024): Bandung Conference Series: Psychology Science

Hubungan Stres Akademik dan Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa Tingkat Akhir

Maghfira Maulisa Adzani (Unknown)
Dewi Rosiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Abstract. The phenomena of social media addiction and academic stress have become relevant issues in students' lives, with potential impacts on academic performance and future careers. Social media addiction occurs when an individual compulsively increases their usage time and struggles to control their social media use. Stress arises from pressures to demonstrate achievements and excellence amidst the growing academic competition, leading to increased burden from various pressures and demands. This study involved 169 respondents, using variables including social media addiction and academic stress. The sampling technique employed was Non-Probability, with the criteria being active students currently working on their theses and using TikTok in the past 6 months. The measurement tools used in this study were the Bergen Social Media Addiction Scale and the Perceived Sources of Academic Stress. Analysis was conducted using Spearman's Rho correlation test, yielding a correlation coefficient of 0.321. The results indicate a positive relationship between social media addiction and academic stress among students. Social media addiction can lead to a decrease in academic performance and lower grades, as well as disrupt real-life activities. The recommendation from this study is that students should be aware of their social media usage behavior and manage their time more effectively to reduce academic stress. The findings of this research can serve as a basis for developing interventions and guidance programs to help students manage their social media use more balancedly. Abstrak. Fenomena kecanduan media sosial dan stres akademik telah menjadi isu yang relevan dalam kehidupan mahasiswa, dengan potensi berdampak pada prestasi akademik dan masa depan profesional. Kecanduan media sosial merupakan ketika seseorang menambah waktu penggunaannya secara kompulsif, dan mereka kesulitan mengendalikan diri untuk tidak menggunakan media sosial. Stres yang muncul karena adanya tekanan-tekanan untuk menunjukkan prestasi dan keunggulan dalam kondisi persaingan akademik yang semakin meningkat, sehingga mereka semakin terbebani oleh berbagai tekanan dan tuntutan. Pada penelitian ini berjumlah 169 responden menggunakan variabel yang diteliti meliputi kecanduan media sosial dan stres akademik. Teknik sampling pada penelitian ini adalah Non-Probability dengan kriteria mahasiswa aktif yang sedang menyusun skripsi dan menggunakan TikTok 6 bulan terakhir. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bergen Social Media Addiction Scale dan Percevied Sources of Academic Stress analisa menggunakan uji korelasi spearman rho dengan hasil koefesien korelasi sebesar 0.321. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecanduan media sosial dan stres akademik pada mahasiswa. Kecanduan media sosial dapat berdampak pada menurunnya kemampuan akademik dan penurunan prestasi perkuliahan, serta mengganggu kehidupan nyata. Saran dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa perlu aware dengan perilaku menggunakan media sosial dan mengelola waktu dengan lebih seimbang untuk mengurangi stres akademik. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan intervensi dan program bimbingan yang membantu mahasiswa mengelola penggunaan media sosial dengan lebih seimbang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BCSPS

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Psychology Science (BCSPS) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Psikologi dengan ruang lingkup sbb: Broken Home, Budaya Organisasi, Celebrity Worship, Delinkuensi, Dewasa Awal, Disiplin Kerja, Dukungan Sosial, ...