JRIIN :Jurnal Riset Informatika dan Inovasi
Vol 2 No 4 (2024): JRIIN: Jurnal Riset Informatika dan Inovasi

Pengembangan Aplikasi Helpdesk Menggunakan Model Waterfall

Fiandi Firdaus, Alif (Unknown)
Syaidatul Soffa, Anggita (Unknown)
Haris, Muhammad (Unknown)
Nursalim Imron, Muhammad (Unknown)
Saifudin, Aries (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Dalam upaya meningkatkan layanan pengaduan dan informasi pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dikembangkan sebuah Aplikasi Helpdesk yang dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara masyarakat dengan berbagai jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, hingga SLB. Menghadapi tantangan dalam pengelolaan volume pertanyaan yang besar dan tidak terorganisir berdasarkan daerah atau provinsi, aplikasi ini mengimplementasikan pendekatan pengembangan perangkat lunak model Waterfall untuk menciptakan solusi yang sistematis dan terstruktur. Aplikasi ini dibagi menjadi dua sisi interaksi: sisi petugas/agent dan supervisor yang mengelola pertanyaan serta sisi pengguna yang menyampaikan pengaduan dan pertanyaan. Untuk mengatasi masalah kategorisasi dan asal usul pengaduan, aplikasi ini mengintegrasikan form pengisian biodata dan asal daerah serta kategori pertanyaan yang memungkinkan pengelolaan dan penugasan pertanyaan menjadi lebih efisien. Artikel ini menjelaskan proses pengembangan aplikasi tersebut, mulai dari analisis kebutuhan hingga deployment, menekankan pada aplikasi model Waterfall dalam konteks pengembangan aplikasi helpdesk yang bertujuan untuk menyediakan layanan informasi dan pengaduan yang lebih baik dan terorganisir kepada masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jriin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...