JRIIN :Jurnal Riset Informatika dan Inovasi
Vol 2 No 1 (2024): JRIIN: Jurnal Riset Informatika dan Inovasi

EVALUASI DAMPAK IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DI SEKTOR PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN

Dika Kurnia Putra (Unknown)
M. Abdullah Maulana Malik Al Banjary (Unknown)
Muhammad Syahrul (Unknown)
Galeh Tri Permono (Unknown)
Sodiqun As (Unknown)
Sulistiyo Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi dampak implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam sektor pariwisata terhadap peningkatan kualitas layanan. SIM adalah alat penting yang membantu pengelolaan data dan informasi dalam organisasi untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan efisien. Studi ini menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur efektivitas SIM dalam pengelolaan operasional dan pelayanan kepada wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIM mampu meningkatkan efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan daya saing destinasi wisata. Dalam hal efisiensi operasional, SIM membantu mempercepat proses reservasi, mengelola inventaris dengan lebih baik, dan meningkatkan pengelolaan sumber daya manusia. Penggunaan SIM juga berdampak positif pada kepuasan pelanggan, dimana wisatawan merasakan layanan yang lebih cepat dan informasi yang lebih akurat. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan hambatan dalam penerapan SIM, termasuk biaya implementasi yang tinggi dan resistensi dari staf yang kurang familiar dengan teknologi. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan efektivitas implementasi SIM, termasuk pentingnya pelatihan dan perubahan manajemen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jriin

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

1. Komputasi Lunak, 2. Sistem Cerdas Terdistribusi, Manajemen Basis Data, dan Pengambilan Informasi, 3. Komputasi evolusioner dan komputasi DNA/seluler/molekuler, 4. Deteksi kesalahan, 5. Sistem Energi Hijau dan Terbarukan, 6. Antarmuka Manusia, 7. Interaksi Manusia-Komputer, 8. Hibrida dan ...