Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penganggaran pendidikan di SDS Santa Lusia Sei Rotan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu SDS Santa Lusia, sedangkan objek penelitian ini yaitu proses penganggaran pendidikan. Penentuan prioritas dalam menggunakan dana yang telah didapat sekolah mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang diterbitkan pemerintah, dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, standar tersebut meliputi: (1) Standar Kompetensi Kelulusan; (2) Standar Isi; (3) Standar Proses; (4) Standar Penilaian; (5) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; (6) Standar Prasarana; (7) Standar Pengelolaan; (8) Standar Pembiayaan. Melalui rapat atau diskusi, maka ditentukan kelompok penanggung jawab dari setiap standar. Proses penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SDS Santa Lusia Sei Rotam sudah sesuai dengan perencanaan diawal. Dimana tahapan bagan sudah terurut dan proses pelaksanaan juga dapat teratasi dengan baik. Semua pihak penaggung jawab dari 8 standar juga melaksanakan tugas sesuai dengan proses yang telah disepakati bersama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023