Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 12 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD JATIBARANG 01

Komala, Futuh Dwi (Unknown)
Sabrina, Inka (Unknown)
Widodo3, Susilo Tri (Unknown)
Azizah, Wulan Aulia (Unknown)
Latifa, Rifta Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil implementasi Model Project Based Learning (PjBL) pada mata pembelajaran Pendidikan Pancasila materi “Nilai, Makna, Proses Perumusan, dan Penerapan sila-sila Pancasila dalam Kehidupan sehari-hari”. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memperoleh dan memproses data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Jatibarang 01. Terdiri dari 20 siswa dengan laki-laki berjumlah anak 10 dan perempuan berjumlah 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat memunculkan keterampilan dan kreativitas peserta didik dalam membuat proyek serta dapat meningkatkan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...