Anak yang mengalami kecemasan berpisah juga membutuhkan dukungan emosional baik dari guru maupun orang tua sebagai orang terdekatnya. Guru dan orang tua memiliki peran yang penting untuk dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan serta bekerja sama dalam menangani permasalahan yang dihadapi di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru dalam menangani anak dengan kecemasan berpisah dengan orang tuanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuisioner dan observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok A dan B di Tk Miftahussadah dan 15 responden orang tua dan 15 guru PAUD untuk pengumpulan data angket kuisoner. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan ditemukan hasil pengolahan data berupa angket kuisioner yang telah dibagikan ditemukan bahwa sebanyak 75 % responden menyatakan ya jika anak sering menangis ketika berpisah dengan orang tuanya di sekolah dan menyetujui bahwa peran serta, keterlibatan dan kerja sama antara orang tua dan guru sangat penting untuk membantu menangani anak dengan kecemasan berpisah.
Copyrights © 2024