Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial Dan Konsep Diri Anak Panti Asuhan Di Jakarta

Zahra, Haeza Mazaya (Unknown)
Roswiyani, Roswiyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh anak di panti asuhan adalah permasalahan terkait interaksi sosial. Permasalahan ini dapat mempengaruhi pengetahuan anak panti asuhan tentang konsep diri yang dimiliki karena salah satu cara untuk memiliki konsep diri yang baik adalah dengan memiliki interaksi sosial yang berjalan dengan baik juga. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berinteraksi sosial dan konsep diri anak panti asuhan di Jakarta. Hipotesis yang ada dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan berinteraksi sosial dan konsep diri anak panti asuhan di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional, nonprobability sampling, dan accidental sampling. Sampel pada penelitian ini adalah anak yang tinggal di panti asuhan di Jakarta dengan jumlah 120 orang. Pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode korelasi Pearson, didapati bahwa kemampuan berinteraksi sosial dengan konsep diri memiliki r = 0,570, dengan nilai p = 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berinteraksi sosial dengan konsep diri anak panti asuhan di Jakarta. Interaksi Sosial, Konsep Diri, Anak Panti Asuhan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...