Penelitian ini didasari oleh keterbatasan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan rendahnya respon siswa terhadap mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis canva kelas x dan untuk dapat mengetahui kelayakan dari produk media pembelajaran interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan dengan menggunakan wawancara dan angket/kuesioner. Tenik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian yang terlibat adalah ahli media, 1 ahli, dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 16 Samarinda, sedangkan objek yang diteliti adalah kelayakan media pembelajaran interaktif. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran interaktif yang dikembangkan mendapat respon positif dari siswa dan juga hasil penilaian validator ahli materi, ahli media dan siswa, tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis canva masuk kedalam kategori sangat layak. Uji kelayakan dapat dilihat pada perolehan hasil angket pengujian ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 75 yang masuk kedalam kategori “Sangat Layak”, ahli media diperoleh nilai rata-rata 72 yang masuk kedalam kategori “Sangat Layak” dan siswa diperoleh nilai rata-rata 70,32 yang masuk kedalam kategori “Sangat Layak”.
Copyrights © 2024