Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 13 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Dengan Model Pembelajaran Reading, Question And Answering (RQA)

Siti Nahria Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Keterampilan literasi sains tetap menjadi tantangan utama untuk ditingkatkan melalui model pembelajaran yang aktif. Model pembelajaran RQA (reading, questioning, and answering ) merupakan model pembelajaran aktif yang menekankan pada kegiatan membaca, bertanya, dan menjawab pertanyaan yang diharapkan akan mampu meningkatkan keterampilan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model RQA terhadap peningkatakan keterampilan literasi sains peserta didik pada materi kinematika gerak lurus. Penelitian ini menggunakan model rancangan penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMAN 10 Kota Ternate tahun ajaran 2022/2023. Variabel bebas pada penelitianini yaitu Model RQA dan variabel terikat yaitu keterampilan literasi sains peserta didik. Populasi seluruh kelas XI MIPA tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu dua kelas sebagai kelas penelitian dengan perlakuan eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains fisika siswa pada materi kinematika gerak lurus domain kompetensi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing – masing sebesar 70,7 % dan 56,27 %

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...