Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Pengembangan Media Rak Stik Bersusun untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SDN 105390

Citra Ayu, Sri (Unknown)
warti, sukma (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media rak stik bersusun untuk operasi hitung perkalian pada siswa/siswi kelas II SDN 105390, (2) mendeskripsikan kelayakan media media rak stik bersusun untuk operasi hitung perkalian pada siswa/siswi kelas II SDN 105390. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap yaitu: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran (guru kelas IV) serta siswa kelas II SDN 105390. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, tes, dan angket atau kuesioner. Berdasarkan analisis data yang diperoleh melalui uji validitas ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu 81,17% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media yaitu 87,6% termasuk kategori sangat baik/sangat layak. Hasil validasi dari tanggapan guru kelas IV yaitu 80% termasuk kategori baik/layak. Berdasarkan hasil presentase dari ahli materi, ahli media, dan tanggapan guru tersebut, kemudian dihitung rata-ratanya diperoleh hasil 83% termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...