Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 8 No. 2 (2024): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Media Pembelajaran Animasi Powtoon Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pengukuran Di Kelas V SD

Rifa'i Dalimunthe, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran animasi Powtoon berbasis problem based learning pada materi pengukuran dikelas V SD. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran animasi powtoon berbasis problem based learning pada materi pengukuran dikelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model ADDIE yang teridiri dari lima tahap pengembangan, yaitu: (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. 3.​Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 94%. Persentase ini termasuk kriteria “sangat layak”. Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 92% persentase ini termasuk kriteria “sangat layak”. Hasil validasi respon guru dapat diketahui bahwa penilaian oleh respon guru kelas V SD mendapatkan persentase 96% media video pembelajaran pada materi pengukuran dikelas V SD yang dikembangkan sudah sangat valid dan dapat diterapkan sebagai media untuk proses belajar mengajar di sekolah. Kata Kunci: Video powtoon, pengukuran, Problem Based Learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...