Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online review pada online travel agent terhadap keputusan pembelian di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu, online review dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung pada bulan Juli – Desember 2022. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 5.290 dan tingkat kesalahan yang diinginkan adalah 5%, kemudian sampel dihitung menggunakan rumus arikunto (2010), sehingga sampel penelitian ini berjumlah 264 dengan teknik probability sampling, simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, online review di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung menunjukkan bahwa nilai persentasenya keseluruhan sebesar 53,79% pada rentang skor ≥33,35 – <40,05 termasuk dalam kategori baik, namun masih terdapat kategori yang menyatakan sangat baik dengan nilai persentase sebesar 41,29%. Kedua, keputusan pembelian di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung menunjukkan nilai persentase keseluruhan sebesar 37,50% pada rentang skor ≥ 33,35 - <40,05 termasuk kategori baik, namun masih terdapat kategori yang menyatakan baik dengan nilai persentase sebesar 10,61%. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara online review terhadap keputusan pembelian di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung dengan nilai R square sebesar 0,613. Artinya pengaruh online review pada keputusan pembelian di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung sebesar 61,3% sedangkan 38,7% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Online Review, Online Travel Agent , Keputusan Pembelian
Copyrights © 2024