Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana media pembelajaran visual dapat meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa, serta bagaimana media tersebut dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi strategi implementasi dan pemilihan media visual yang relevan untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran visual pada siswa sekolah dasar. Metode ini melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis dari berbagai sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian, termasuk jurnal, artikel, buku, dan sumber online lainnya. Melalui pendekatan ini, penelitian bertujuan untuk memahami bagaimana media pembelajaran visual dapat meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa, serta membantu guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran visual pada siswa sekolah dasar memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa. Media visual, seperti video, tidak hanya memperbesar fokus dan konsentrasi siswa tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata dan membuat konsep abstrak menjadi lebih konkret. Hal ini berkontribusi pada peningkatan pemahaman materi, antusiasme, dan motivasi belajar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Kebaharuan dalam penelitian ini terletak pada fokus khususnya terhadap efektivitas media pembelajaran visual secara spesifik pada siswa sekolah dasar, yang mana sebelumnya perdebatan mengenai efektivitas metode pembelajaran konvensional dibandingkan dengan penggunaan media pembelajaran visual belum sepenuhnya mengeksplorasi dampaknya pada segmen pendidikan dasar.
Copyrights © 2022